Minggu, 31 Oktober 2010

Offroad Melatih Mental dan Kesabaran


Tak jarang untuk mengasah sisi kepribadian tertentu dari seseorang dibutuhkan pemicu. Pemicu ini bisa berupa nasehat, latihan-latihan ataupun penyaluran hobi. Salah satunya, hobi offroad yang merupakan hobi khusus diperuntukan bagi mereka suka akan petualangan dalam aktivitas otomotif.


Syarat pertama dari olahraga ini harus memiliki mobil dengan spesifikasi teknis untuk jalanan alam bebas. Sebagai salah satu bentuk olahraga sekaligus hobi, tidak semua orang bisa menekuni offroad. Karena banyak keterampilan yang harus dipelajari, mulai dari teknik mengemudi, mengenal medan dan kematangan mental dalam menghadapi tantangan medan offroad.

Jelas bahwa olahraga offroad bukanlah sekedar untuk tampil gagah-gahan. Sebagai sebuah olahraga harus diiringi pula dengan ketangkasan dalam mengendalikan kemudi mobil. Olahraga offroad ini berbeda dari olahraga otomotif lainnya. Beda yang paling jelas, offroad memanfaatkan medan alam terbuka sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukan.

Agar olahraga offroad ini berjalan dengan baik, seorang offroader harus menyiapkan mobilnya sebaik mungkin. Mobil dengan suspensi, kaki-kaki harus diperkuat, sarana pendukung berupa Winch, elektris lainnya, itu harus ada dalam olahraga offroad.

Bila mobil sudah in, mental seorang akan segera diuji di medan offroad. Seorang offroader harus memiliki mental yang tahan banting. Medan yang keras dan terjal, jika tidak memiliki mental yang kuat, akan menyulitkan offroader. Di tengah medan yang keras dan terjal itulah dibutuhkan ketangkasan offroader dalam mengemudikan mobil.

Secara umum dapat dikatakan offroad merupakan olahraga petualangan. Kekompakan tim dalam offroad adalah hal yang mutlak. Biasanya dalam satu tim terdiri dari tiga offroader. Dalam sebuah kejuaraan offroad, ada yang lewat hutan itu disebut Country Road, jadi tim itu berusaha sedapat mungkin, tidak melewati waktu yang telah ditetapkan, karena akan terkena pinalti.

Nikmatnya olahraga offroad terletak pada sulitnya medan yang ditempuh. Memainkan fungsi peralatan di dalam mobil dalam medan terjal, merupakan kenikmatan yang sangat luar biasa. Semakin susah semakin nikmat dan sebenarnya offroad ini sama dengan hobi berpetualangan lainya semisal naik gunung.

Kalau ditanya olahraga ini mahal, jawabannya adalah sangat relatif. Olahraga offroad merupakan olahraga petualangan alam. Seorang offroader harus menyatu dengan alam. Seorang offroader harus memiliki jiwa kesabaran yang tinggi. Kesabaran seorang offroader akan sangat membantu melewati medan yang sulit. Karena yang dicari oleh seorang offroader tidak lain kepuasan batin. Melatih kesabaran dan menguji mental serta menaklukkan alam juga, hmm sepertinya kombinasi yang sangat menarik, bukan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar